Tips Audit Optimasi Website Bisnis yang Wajib Kamu Pahami. Perhatikan!

tips audit dan optimasi website bisnis

Daftar Pembahasan

Sudah menjadi rahasia umum, para pengusaha / enterpreneur seperti kamu biasanya sudah memiliki website buat usahanya, namun tidak jarang karena kurangnya penguasaan dan fokus pada optimasi website, sehingga website yang sebenarnya powerfull untuk alat digital marketing usaha Kamu, justru hasilnya tidak ngefek sama sekali untuk kemajuan usaha Kamu.

Hasilnya website menjadi Website Zombie. Yaa Sudahlah…

Yaps, Pengusaha punya DNA nya Pantang Menyerah !

Selamat untuk Kamu yang sekarang sedang membaca dengan seksama artikel ini.

KalynaTech akan membantu Kamu baik teknis maupun non teknis terkait audit optimasi Website usaha Kamu.

Kamu dapat memilih berkolaborasi dengan kami sambil mempelajari cara optimasi SEO nya maupun memilih mempercayakan sepenuhnya kepada kami, Kalyana Tech dengan senang hati memberikan report progres sesuai KPI (Key Performance Indicator) yang Kamu berikan.

Agar tidak gagal paham, mari selesaikan artikel ini hingga akhir, apa yang bisa membantu Kamu.

Apa Itu Audit Website?

Audit website adalah sebuah peninjauan terhadap performa website Kamu sehubungan dengan tujuan-tujuan khusus yang Kamu ingin capai. Ada berbagai jenis audit yang dapat Kamu lakukan, tergantung pada apa yang ingin Kamu ukur. Di artikel ini, kami akan membahas mengenai tips audit optimasi website bisnis yang powerfull.

Sebagai pemilik bisnis, mungkin Kamu belum pernah mempertimbangkan untuk melakukan audit website. Mungkin Kamu tidak menyadari betapa pentingnya website Kamu dalam membawa kemajuan prospek dan layanan bisnis Kamu.

Bayangkan saja jika Kamu melakukan audit website, menyesuaikan strategi Kamu, dan mendatangkan 10% lebih banyak prospek setiap bulan. Bagaimana dengan 20% atau 50%?

Kami memiliki klien seorang konsultan Hukum yang websitenya dan peringkat Google membawanya lebih dari 500 klik ke websitenya setiap bulan, dan ia rata-rata mendapatkan 3 prospek baru setiap hari. Ketika prospeknya rata-rata menghasilkan pendapatan lebih dari 10 Juta Rupiah dalam sebulan, yang akhirnya dampak usahanya sangat besar. Sedikit Intermezzo ya

Jasa Pembuatan Website Profesional
Jasa Pembuatan Website Profesional

Terlihat Ada Tiga Tipe Pengusaha dalam Jasa Industri

Pengusaha Tipe 1: Mereka yang merasa bahwa website sama sekali tidak diperlukan. Mereka mungkin tidak memiliki satu, atau website mereka sangat sederhana dan tidak pernah diperbarui. Pada posting saya minggu lalu, saya membahas mengenai keputusan antara website dan media sosial.

Pengusaha Tipe 2: Selanjutnya, ada pengusaha yang tahu bahwa website adalah bagian penting dari bisnis Kamu, tetapi Kamu tidak tahu apa yang harus dilakukan dengannya, sama sekali.

Pengusaha Tipe 3: Lalu, ada pengusaha dalam bisnis berbasis layanan yang memastikan website mereka menghasilkan konversi dan selalu memperbarui serta menyempurnakannya.

Sekarang, kami  akan berani mengatakan bahwa kecuali Kamu berkecimpung dalam jasa marketing (content marketing) atau desain, Kamu mungkin lebih cocok dalam kategori Pengusaha Tipe 2.

Pada tahun 2018, Kamu mungkin hanya perlu memiliki website dan membiarkannya begitu saja dengan perhatian minimal. Tetapi saaat ini orang-orang sudah terbiasa dengan website berkualitas dan tidak sabar dengan website yang lambat atau membingungkan.

Baca Juga:   5+ Tips Audit Website dan Writeup untuk Website Fotografer: Maksimalkan Usaha Fotografer Kamu

Itulah mengapa audit website sangat penting untuk dilakukan setidaknya setiap 18 bulan. Kamu perlu tahu apa yang dilakukan website Kamu untuk Kamu dan sejauh mana konversinya.

Ini Tidak berarti Kamu perlu melakukan rebranding atau mendesain ulang website yang memakan biaya sekitar 15 Juta Rupiah.

Dalam banyak kasus, Kamu dapat meningkatkan konversi website dengan membuat penyesuaian pesan yang strategis. Dengan membimbing prospek Kamu sepanjang perjalanan. Secara virtual, memegang tangan mereka, jika Kamu mau.

Pada akhirnya, memiliki sebuah website bisnis yang efisien dan efektif adalah suatu keharusan. Namun, seiring dengan perubahan yang terus-menerus di dunia online, perluasan konten, dan algoritma mesin pencari yang berubah, menjaga agar website Kamu tetap berkinerja tinggi bukanlah tugas yang mudah. Itulah mengapa audit optimasi website bisnis menjadi begitu penting.

Selanjutnya masuk ke inti nih,

Kami akan membahas berbagai aspek penting yang terkait dengan audit optimasi website bisnis. Kami akan menjelaskan mengapa audit website sangat penting, akibat yang mungkin terjadi jika website Kamu tidak pernah diaudit, manfaat dari audit website, jenis-jenis audit website, langkah-langkah yang perlu Kamu lakukan saat melakukan audit, waktu terbaik untuk melakukan audit, serta beberapa tips berguna untuk mengoptimalkan website bisnis Kamu.

Kami juga akan membahas antisipasi terhadap beberapa kemungkinan terburuk, dan sedikit memberikan saran mengapa penting audit website.

Mengapa Audit Optimasi Website Bisnis Sangat Penting?

Peratama,  Mengoptimalkan Kinerja: Audit website adalah cara terbaik untuk mengevaluasi kinerja website Kamu. Ini membantu Kamu mengidentifikasi masalah teknis, kecepatan loading, dan perbaikan yang diperlukan untuk memastikan website Kamu berjalan dengan baik.

Kedua, Peningkatan SEO: Audit website membantu Kamu menemukan peluang untuk meningkatkan peringkat mesin pencari. Dengan mengidentifikasi kata kunci yang efektif, memperbaiki tautan rusak, dan mengoptimalkan konten, Kamu dapat meningkatkan visibilitas online Kamu.

Ketiag, Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik: Dengan mengaudit website Kamu, Kamu dapat memastikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Ini mencakup desain yang responsif, navigasi yang mudah, dan konten yang relevan.

Jenis Audit Website

Ada berbagai jenis audit website. ini adalah 5 pilihan yang bisa memberikan manfaat dan sudah teruji dilapangan:

Audit Konversi Prospek

Ini adalah audit website di mana website Kamu dinilai dari perspektif pengalaman pengguna(user interface) dan sejauh mana website Kamu menghasilkan konversi.

Kamu sebagai pemilik bisnis yang menentukan apa yang dianggap sebagai konversi. Apakah itu email marketing? penjualan? permintaan informasi?

Audit SEO

Jenis audit ini melihat bagaimana website Kamu mendapatkan peringkat dan ditemukan secara online. Audit ini berkisar dari SEO dasar hingga audit mendalam yang memeriksa detail teknis optimisasi mesin pencari.

Audit SEO melihat kata kunci apa yang Kamu gunakan, seberapa tinggi peringkat halaman Kamu, trafik yang Kamu dapatkan dari Google, seberapa cepat website Kamu loading, dan aspek-aspek lain yang akan dinilai oleh Google.

Baca Juga:   Mengenal Digital Agency : Pengertian, Layanan dan Manfaatnya dalam Bisnis

Audit Isi Website

Jenis audit ini melihat konten Kamu dan bagaimana konten tersebut menghasilkan trafik dan memberikan edukasi kepada audiens Kamu. Audit konten akan memberi tahu Kamu di mana kekurangan dalam konten Kamu dan juga apa yang berfungsi dengan baik.

Audit Analisis Kompetitor

Audit analisis kompetitor (Saingan Bisnis) ialah apa yang kurang dari website Kamu dan kelebihannya, selain itu aspek lain tentang bagaimana website Kamu dibandingkan dengan kompetitor Kamu. Ini adalah audit yang baik untuk dilakukan jika Kamu ingin melihat apa yang dilakukan orang-orang teratas di industri Kamu di website, konten, media sosial, dan sejauh mana strategi Kamu dibandingkan.

Kamu bisa berinvestasi dalam website yang baru, tetapi jika Kamu menggunakan strategi yang sama seperti sebelumnya, Kamu akan menghadapi masalah yang sama… hanya dalam versi yang lebih estetik nan elegan.

Akibat Jika Website Tidak Diaudit

Jika Kamu mengabaikan audit website, risikonya adalah:

Pertama, Penurunan Kinerja: Website Kamu mungkin mengalami penurunan dalam peringkat mesin pencari, menyebabkan penurunan lalu lintas dan pendapatan.

Kedua, Kehilangan Pelanggan: Pengguna mungkin kesulitan menavigasi website Kamu atau mendapatkan informasi yang mereka butuhkan, yang dapat menyebabkan kehilangan pelanggan.

Ketiga,Kerugian Reputasi: Website yang lambat atau bermasalah dapat merusak reputasi bisnis Kamu, menyebabkan kehilangan kepercayaan dari pengguna.

Manfaat dari Audit Website

  1. Peningkatan Kualitas Konten: Audit website membantu Kamu mengidentifikasi konten yang kurang efektif atau usang. Kamu dapat memperbarui dan meningkatkan konten tersebut untuk meningkatkan daya tarik dan relevansi.
  2. Optimasi SEO: Audit memberikan wawasan tentang kata kunci yang mungkin terlewatkan atau perlu ditingkatkan. Ini membantu meningkatkan peringkat di mesin pencari.
  3. Keamanan Website: Audit membantu mengidentifikasi kerentanan keamanan dan memastikan bahwa website Kamu terlindungi dari ancaman online.
  4. Penghematan Biaya: Dengan mengidentifikasi masalah teknis dan perbaikan yang diperlukan secara dini, Kamu dapat menghindari biaya perbaikan besar di masa depan.
Jasa Optimasi SEO Website
Jasa Optimasi SEO Website

Langkah Penting dalam Audit Website

Ketika melakukan audit website, langkah-langkah berikut ini perlu diperhatikan:

  1. Analisis Kinerja: Tinjau metrik kinerja seperti waktu loading, bounce rate, dan konversi. Identifikasi area yang memerlukan perbaikan.
  2. Audit Konten: Evaluasi kualitas, relevansi, dan efektivitas konten Kamu. Buat rencana untuk memperbarui atau menghapus konten yang sudah usang.
  3. Audit Teknis: Periksa tautan rusak, kesalahan server, dan masalah teknis lainnya. Pastikan website Kamu bebas dari masalah teknis.
  4. Optimasi SEO: Perbarui kata kunci, meta deskripsi, dan tag header untuk meningkatkan SEO. Pastikan struktur URL Kamu mudah dipahami.
  5. Audit Desain: Tinjau desain website Kamu dan pastikan responsif di berbagai perangkat. Perbaiki tampilan dan navigasi jika diperlukan.

Kapan Waktu Terbaik untuk Melakukan Audit Website Bisnis?

Audit website sebaiknya dilakukan secara berkala. Idealnya, Kamu harus melakukan audit setidaknya satu atau dua kali setahun. Namun, Kamu juga perlu melakukan audit jika Kamu mengalami perubahan besar dalam bisnis Kamu, seperti peluncuran produk baru atau perubahan strategi pemasaran.

Baca Juga:   5+ Tips Audit Website dan Writeup untuk Website Fotografer: Maksimalkan Usaha Fotografer Kamu

Tips Audit Optimasi Website Bisnis

Nah sekarang kita masuk ke intinya, harap perhatikan seksama ya, ini ilmu mahal yang tidak mungkin kamu dapatkan dimanapun, berikut ini tips audit optimasi website bisnis:

  1. Gunakan Tools Analisis: Gunakan tool buat analisis seperti Google Analytics dan Google Search Console untuk memantau kinerja website Kamu.
  2. Perhatikan Kecepatan Loading (Page Speed): Pastikan website Kamu memuat dengan cepat. Ini penting untuk pengalaman pengguna dan peringkat SEO. Cara ceknya di PageSpeed Insights. Terus masukkan link website kamu di Page speed itu ya..
  3. Optimalkan Konten: Perbarui dan perbaiki konten yang usang atau tidak efektif. Buat konten baru yang relevan dan bermanfaat artinya buat konten kamu berkualitas.
  4. Pantau Link website kamu: Tinjau link website kamu baik internal link dan eksternal linknya . Pastikan tidak ada link yang rusak atau tidak relevan.
  5. Uji Responsivitas: Periksa tampilan website Kamu di berbagai perangkat, baik komputer maupun di hp kamu. Jangan lupa cek juga diperamban kamu seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox. Pastikan website kamu bisa responsif.

Antisipasi Kemungkinan Terburuk dengan Audit Website

Meskipun audit website bertujuan untuk memperbaiki website Kamu, ada beberapa kemungkinan terburuk yang harus diantisipasi ya, termasuk:

Pertama, Kehilangan Data: Kesalahan teknis selama audit bisa mengakibatkan kehilangan data berharga. Selalu backup website Kamu sebelum memulai audit.

Kedua, Penurunan Performa Sementara dalam Peringkat: Perubahan yang diterapkan setelah audit bisa menyebabkan penurunan sementara dalam peringkat mesin pencari. Namun, ini biasanya sementara dan akan kembali pulih setelah perbaikan dilakukan.

Opini Pribadi

Opini kami Sebagai SEO Expert, kami ingin menekankan bahwa audit website adalah langkah kunci dalam menjaga kesehatan website bisnis Kamu. Hal ini tidak hanya menguntungkan dari segi SEO, tetapi juga penting untuk memberikan pengalaman pengguna yang unggul. Karena itu sangat penting bagi Kamu untuk memahami isi artikel Tips Audit Optimasi Website Bisnis ini.

Kesimpulan

Audit optimasi website bisnis adalah praktek yang sangat penting untuk menjaga performa website Kamu. Ini membantu meningkatkan kualitas konten, peringkat SEO, dan pengalaman pengguna. Dengan melakukan audit secara berkala dan mengikuti tips yang kami berikan, Kamu dapat memastikan bahwa website bisnis Kamu tetap produktif kok. Tenang sjaa..

Penutup

Dengan semua informasi yang telah kami bagikan dalam artikel ini, kami berharap Kamu sekarang memahami pentingnya audit optimasi website bisnis. Ingatlah bahwa ini adalah langkah pasti akan mengalami pengalaman yang tak terhindarkan dalam mengelola website Kamu, dan ini juga menjadi investasi waktu dan sumber daya yang baik serta akan menghasilkan manfaat jangka panjang yang signifikan. Jika ingin konsultasi lebih dalam lagi hubungi kami melalui link ini ya..

Artikel Terbaru