5+ Tips Audit Website dan Writeup untuk Website Fotografer: Maksimalkan Usaha Fotografer Kamu

Tips Audit Website dan Writeup untuk Website Fotografer

Daftar Pembahasan

Sebagai pemilik usaha kecil di dunia digital yang sedang berkembang, sudah tidak ada lagi masa-masa di mana iklan datang dari mulut ke mulut dan media cetak mendominasi sebagian besar bisnis Kamu.

Sebaliknya, digital marketing dan optimasi mesin pencari (SEO) saat ini sudah mulai berlomba-lomba untuk mendapatkan pelanggan baru.

Dengan 66% dari seluruh bisnis menggunakan semacam iklan online, masuk akal dong untuk meningkatkan kehadiran online bisnis fotografi Kamu agar lebih kompetitif dan mendapatkan keuntungan lebih.

Banyaknya foto pada web fotografi akan mempengaruhi performa website, sehingga Kamu perlu mengaudit dan melaporkan (writeup) setiap foto di website fotografi Kamu

Tapi bagaimana Kamu melakukannya? Berikut tips untuk audit website dan melaporkannya (writeup) untuk fotografer sehingga Kamu dapat meningkatkan website fotografi Kamu untuk mulai mendapatkan lebih banyak peringkat dari kata kunci, trafik website, dan pemesanan layanan fotografi kamu.

Mengapa Fotografer Profesional Membutuhkan Audit Website

Bisnis apa pun, besar atau kecil, perlu berinvestasi dalam kehadiran online mereka agar dapat bersaing di pasar saat ini. Pengoptimalan mesin pencari adalah salah satu cara paling hemat biaya untuk meningkatkan visibilitas online Kamu secara keseluruhan. Pada intinya, tujuan audite website adalah untuk meningkatkan visibilitas website Kamu.

Mengingat fotografi pada dasarnya adalah bisnis visual, masuk akal dong jika banyak fotografer bisnis kecil membuat website yang penuh dengan gambar.

Namun dalam dunia website, website kamu itu harus lebih dari sekedar tempat di mana calon klien dapat melihat pekerjaan yang telah Kamu lakukan sebelumnya. Hal ini juga harus mengkomunikasikan kepada crawler mesin pencari (yang tidak dapat melihat gambar) relevansi konten Kamu, kualitas dan keahlian layanan Kamu dibandingkan dengan pesaing Kamu, serta lokasi Kamu dan pasar yang Kamu layani.

Perlu kamu ketahui..

Merancang dan menyusun konten website Kamu untuk memenuhi kebutuhan calon pelanggan dan mesin pencari adalah kunci untuk menentukan peringkat dalam hasil pencarian organik dan mendapatkan pemesanan klien baru. Berikut adalah cara utama Kamu dapat menerapkan strategi SEO yang efektif untuk website Kamu sendiri.

5 Tips Audit Website Fotografi

Secara umum, dasar-dasar audit website tidak akan berubah dari satu website ke website lainnya, namun ada beberapa hal spesifik yang harus menjadi fokus fotografer profesional karena website mereka lebih bersifat visual dan menampilkan lebih banyak gambar daripada website pada umumnya.

Memiliki banyak gambar di website Kamu dapat memengaruhi kecepatan website, waktu muat halaman, dan metrik kinerja penting lainnya yang merupakan bagian dari algoritme peringkat Google. Berikut adalah 5 taktik SEO penting yang harus menjadi fokus website fotografi guna memastikan website mereka yang banyak gambar berkinerja baik dalam penelusuran.

Optimalkan Gambar

Kamu menjalankan bisnis fotografi, jadi mengoptimalkan gambar untuk mesin pencari bukanlah hal yang sulit. Karena website Kamu kemungkinan besar akan menyertakan galeri yang berisi foto-foto beresolusi tinggi, penting bagi Kamu untuk mengoptimalkannya agar memiliki ukuran gambar yang tepat.

Baca Juga:   Mengenal Digital Agency : Pengertian, Layanan dan Manfaatnya dalam Bisnis

Jika kecepatan memuat halaman Kamu buruk, kemungkinan besar Kamu akan mengalami rasio pentalan yang tinggi dan kehilangan lalu lintas website yang telah Kamu peroleh dengan susah payah.

Gambar yang dioptimalkan tidak hanya akan memudahkan klien untuk menggulir atau mengeklik portofolio Kamu dengan lebih cepat, gambar yang lebih kecil akan meningkatkan kecepatan situs dan waktu pemuatan serta menghasilkan website yang lebih responsif dan berkinerja lebih baik di perangkat seluler.

Audit Konten Blog

Memperhatikan konten blog yang memungkinkan Kamu menargetkan kata kunci baru dan sekaligus memamerkan foto dan karya Kamu sebelumnya sangat bagus untuk SEO. Mungkin kata kunci utama Kamu adalah “fotografer pernikahan di dekat saya”, namun kata kunci ekor panjang seperti “fotografi pertunangan” dapat membantu membuka layanan Kamu ke pasar pelanggan potensial yang baru.

Contoh blog fotografi dengan SEO yang bagus untuk fotografer

Jika situs fotografi Kamu menargetkan kata kunci “fotografi pernikahan”, coba targetkan fotografi pertunangan di postingan blog. Ini cara yang bagus untuk menambahkan konten baru ke situs Kamu sekaligus memperoleh peringkat kata kunci baru yang memperluas basis pelanggan

Kamu. Berikut beberapa alasan mengapa menerbitkan postingan blog secara konsisten adalah salah satu taktik  dalam mengoptimalkannya yang bagus untuk website fotografi.

Kamu dapat menggunakan konten dan blog untuk menargetkan kata kunci baru dengan tujuan membantu meningkatkan peringkat mesin pencari Kamu.

Kamu dapat memamerkan lebih banyak gambar dalam karya portofolio Kamu sambil juga memberikan keterangan dan konteks yang lebih detail yang akan membantu melibatkan audiens target Kamu dan kebutuhan unik mereka

Kamu dapat memanfaatkan blog sebagai tempat tambahan untuk gambar, yang mencakup teks alternatif, menjadikan halaman Kamu lebih kaya kata kunci.

Jadikan Home (Beranda) Kamu SEO Friendly

Beranda website Kamu kemungkinan besar adalah halaman paling populer di situs Kamu, sehingga lebih penting lagi agar situs tersebut ramah SEO. Informasi yang Kamu posting di berkamu harus cepat ditemukan dan mudah dibaca. Pastikan untuk menyertakan hal berikut:

  • Ajakan bertindak dengan kata kunci yang relevan,
  • Informasi kontak Kamu di bagian atas halaman (header), dan bagian bawah (footer),
  • Tautan ke profil media sosial Kamu,
  • Foto karya terbaik Kamu
  • Judul, dengan format HTML yang tepat.

Perhatikan Jika Ada Konten yang Duplikat (Duplicat Content)

Ada beberapa larangan untuk audit website dan melaporkannya (writeup) yang harus dihindari oleh website, tetapi beberapa peringatan utama khususnya untuk website fotografi adalah duplikat halaman web.

Baca Juga:   6 Cara Menghapus URL Website yang Simpel. Jangan Lewatkan!

Setiap halaman di website Kamu harus memiliki tujuan tertentu dan tidak boleh ada konten yang sama atau duplikat. Halaman yang duplikat tidak hanya memperlambat kecepatan website namun juga berdampak negatif pada sudut pandang pengguna, tetapi Google juga memberikan hukuman kepada website yang memiliki beberapa halaman yang duplikat.

Pastikan saja konten yang Kamu tulis dan gambar yang Kamu bagikan di setiap halaman berbeda ya.

Jasa Optimasi SEO Website
Jasa Optimasi SEO Website

Optimalkan Local SEO untuk Fotografer

Local SEO atau SEO Lokal adalah cara Google mengklasifikasikan dan mempromosikan bisnis berdasarkan lokasinya. Saat pengguna memasukkan frasa kata kunci berbasis geografis atau lokasi, Google memahami bahwa hasil yang paling relevan adalah hasil yang berasal dari wilayah atau daerah yang sama.

Bayangkan ketika Kamu melakukan penelusuran Google untuk warung padang, hasil di bagian atas kemungkinan besar akan menyertakan peta Google dengan bisnis terdekat Kamu di kota, kota besar, atau pinggiran kota Kamu.

Namun, bisnis fotografi tidaklah sekering itu. Fotografer potret mungkin memiliki studio tempat mereka bekerja, sedangkan fotografer pernikahan mungkin tidak memiliki lokasi fisik, namun tetap terbatas pada acara kerja di area terbatas.

Berikut adalah beberapa tip SEO lokal yang mudah diikuti untuk meningkatkan tampilan hasil mesin pencari Kamu untuk frasa pencarian geografis.

  • Isi profil Google Map milik Kamu . Di sinilah Kamu akan memasukkan lokasi studio Kamu (jika ada), jam buka, URL website Kamu, dan informasi kontak Kamu.
  • Telusuri testimoni pelanggan Kamu di Google Map, dan media sosial. Pastikan Kamu membalas setiap pertanyaan dengan solusi atau ucapan terima kasih, meskipun itu negatif. Melakukan hal itu akan memungkinkan calon klien melihat layanan pelanggan Kamu di tempat kerja.
  • Cantumkan website fotografi Kamu di seluruh layanan yang ada diatas.

Manfaatkan Ulasan Untuk Website Fotografi

Konsumen memiliki rentang perhatian yang sangat terbatas ketika mencari informasi di Internet. Karena ada begitu banyak bisnis fotografi di luar sana, jika galeri website Kamu tidak dapat dimuat, mereka dapat dengan mudah berpindah ke halaman baru di domain lain.

Ulasan Online dari Pelanggan

Area terakhir yang ingin saya fokuskan adalah ulasan. Menurut BrightLocal dalam survei ulasan lokal mereka tahun 2023, Pada tahun 2022, sebanyak 87% konsumen menggunakan Google untuk mengevaluasi bisnis lokal, naik dari 81% pada tahun 2021.

Mari kita ingatkan lagi ya…

Tiga dari empat orang akan membaca ulasan Kamu, dan itu akan memengaruhi mereka sebanyak jika sahabat terbaik mereka merekomendasikan Kamu. Serius! Saatnya membangun profil ulasan Kamu, teman-teman.

Sekali lagi, mari kita bicarakan tiga langkah: minta ulasan, tanggapi ulasan, dan tampilkan ulasan!

  • Minta Ulasan

Pertama, cara terbaik untuk mendapatkan daftar ulasan yang solid adalah dengan meminta. Dan Kamu tidak perlu malu untuk melakukannya. Ulasan adalah bagian diterima dalam pemasaran lokal, dan orang sering dengan senang hati memberikannya.

Baca Juga:   Tips Audit Optimasi Website Bisnis yang Wajib Kamu Pahami. Perhatikan!

Kami sering menyarankan untuk meminta ulasan segera setelah memberikan galeri klien. Saat itulah orang-orang sangat antusias dan berbagi foto-foto mereka dengan teman-teman dan di media sosial. Mereka siap untuk memberi Kamu ulasan yang bagus!

Di mana sebaiknya Kamu mendapatkan ulasan? Kami  biasanya menyarankan untuk fokus pada membangun ulasan di Google terlebih dahulu. Ulasan Google tidak hanya berperan dalam pencarian lokal Kamu, tetapi hasil pencarian Kamu mungkin menampilkan ulasan dan peringkat Kamu dengan menonjol, yang dapat menarik orang untuk melihat dan mengklik hasil Kamu.

  • Tanggapi Ulasan

Setelah mereka meninggalkan ulasan, pastikan untuk meresponsnya jika platform tersebut memungkinkan. Kamu dapat merespons ulasan Google langsung melalui Google Map di halaman hasil pencarian Kamu. Google senang melihat bahwa Kamu tertarik pada umpan balik yang Kamu terima dari pelanggan. Bahkan jika seseorang meninggalkan ulasan buruk, dengan merespons Kamu menunjukkan kepada pembaca lain bahwa Kamu mendengarkan umpan balik dan ingin memperbaiki situasi. Ubah situasi buruk menjadi baik.

  • Share Ulasan Kamu

Terakhir, tunjukkan profil ulasan Kamu! Ada banyak platform yang tersedia yang akan memungkinkan Kamu menampilkan ulasan Kamu langsung di website Kamu. Ulasan tersebut adalah bukti yang dibutuhkan banyak orang untuk membuat mereka merasa yakin untuk menghubungi Kamu.

Jasa Pembuatan Website Profesional
Jasa Pembuatan Website Profesional

Opini Saya

Ketika berbicara tentang audit website tidak terlepas dari SEO, penting untuk diingat bahwa optimasi mesin pencari itu seperti pasar saham: Kamu mendapatkan apa yang Kamu masukkan ke dalamnya.

Penting untuk bersabar dalam hal SEO karena sifatnya – Google tidak hanya mengubah algoritmanya secara berkala, dibutuhkan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan agar bot Google benar-benar meng-crawling website kamu.

Sama seperti Kamu membutuhkan waktu untuk mengembangkan keterampilan fotografi, Kamu tidak dapat meningkatkan peringkat Google Kamu dalam semalam.

Dengan mengambil langkah pertama untuk terhubung dengan seorang profesional SEO, ini bukan hanya investasi dalam bisnis Kamu, tetapi juga pada Kamu sebagai seorang fotografer!

Semakin banyak orang yang dapat menemukan website Kamu di hasil Google Penelusuran, semakin banyak orang yang akan melihat fotografi Kamu dan mempertimbangkan untuk membeli layanan dari Kamu.

Dengan melakukan audit website dan rutin optimasi pada website fotografer Kamu, Kamu dapat memastikan bahwa situs Kamu tetap efektif dalam menarik klien dan memajukan bisnis Kamu. Ingatlah bahwa website adalah salah satu alat pemasaran utama Kamu, jadi perhatikan detailnya.

Selamat mengaudit dan mengoptimalkan website Kamu untuk kesuksesan yang lebih besar! Jika masih bingung gimana caranya mengaudit dan mengoptimalkannya. Silakan hubungi kami melalui link ini.

Artikel Terbaru