Mengenal Bahasa Pemrograman Python Buat Pemula! Ajarin Dong Puhh

Mengenal Bahasa Pemrograman Python Buat Pemula

Daftar Pembahasan

Jika kamu pernah belajar beberapa bahasa pemrograman Pastinya kamu telah mengenal Python. Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang belakangan ini sangat populer, terutama di kalangan pengembang perangkat lunak (Software).

Menariknya, meskipun namanya seperti jenis ular, Python adalah bahasa pemrograman yang memiliki banyak kegunaan dan keunggulan.

Menurut IEEE Spectrum, Python menduduki peringkat pertama sebagai bahasa pemrograman paling populer, mengungguli pesaing-pesaingnya seperti Java, C, R, dan JavaScript. Tertarik untuk mengenal lebih dalam tentang Python, apa kegunaan dan keunggulan khususnya, serta melihat contoh penggunaannya?

Apa Itu Python?

Python adalah bahasa pemrograman interpretatif dan serbaguna yang diciptakan oleh seorang programmer terkenal, Guido van Rossum, pada tahun 1989 dan dirilis secara resmi pada tahun 1991. Asal muasal nama Python ini diambil dari nama acara serial televisi komedi Favoritnya Om Guido  yang judulnya “Monty Python’s Flying Circus.”

Mengenal Bahasa Pemrograman Python untuk Pemula
Serial Televisi Kesukaanya Om Guido

Saat ini, Python telah menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling diminati oleh para pengembang (developer).

Bukan tanpa alasan kenapa bahasa pemrograman ini begitu digandrungi..

Python sendiri menjadi bahasa pemrograman tingkat tinggi yang digunakan untuk berbagai jenis aplikasi, termasuk program berbasis teks, antarmuka grafis, aplikasi mobile, website, permainan, dan banyak lagi. Salah satu ciri khas Python adalah penekanan pada keterbacaan kode, sehingga bahasa ini dikenal sebagai bahasa yang mudah dipelajari.

Selanjutnya Struktur sintaksis pada Python dirancang semudah dan sesimpel itu lho..

Sehingga mudah dipahami. Ini memungkinkan para developer untuk lebih leluasa dalam mengembangkan fitur baru pada website  atau aplikasi karena pengkodean Python sangat sederhana nan simpel. Dengan keunggulan ini, Python telah menjadi bahasa pemrograman yang sangat populer di kalangan para software developer.

Apa Saja nih Keunggulan Python lainnya?

Python memiliki sejumlah keunggulan yang menjadikannya pilihan yang sangat populer di antara bahasa pemrograman lainnya:

Sintaks yang Sederhana

Ini materi dasar lho, Sintaks itu aturan atau tata bahasa dalam bahasa pemrograman yang mengatur bagaimana kamu perlu menulis kode atau instruksi agar si komputer memahami menerapkannya.

Dalam konteks Python, sintaks mengacu pada aturan penulisan yang harus diikuti saat Anda menulis kode Python. Aturan ini mencakup cara menulis pernyataan, penggunaan tanda baca, penulisan variabel, dan penggunaan struktur kontrol, antara lain.

Dengan sintaks yang sederhana, berarti Python dirancang agar mudah dimengerti dan dipelajari oleh pemula, serta memberikan keterbacaan yang baik sehingga pengembang dapat dengan mudah memahami kode yang mereka tulis. Hal ini membuat Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang populer dan sering digunakan untuk berbagai aplikasi.

Bisa dipakai di Multiplatform dan Multisistem

Python dapat digunakan di berbagai platform dan sistem operasi yang berbeda.

Baca Juga:   10+ Aplikasi Terbaik Pembuat Logo Gratis. Bisa di Smartphone & Komputer

Ini Asyiknya Python nih

sangat fleksibel dan serbaguna.

Kamu dapat mengembangkan perangkat lunak dengan Python dan menjalankannya di berbagai perangkat manapun tanpa perlu mengkhawatirkan spek perangkan mu. Beberapa platform dan sistem operasi yang mendukung Python termasuk Unix, Windows, Mac OS X, dan bahkan perangkat seluler sekalipun.

Dengan demikian, Python menjadi pilihan yang ideal untuk pengembangan perangkat lunak yang perlu berjalan di berbagai lingkungan teknologi.

Manajemen Memori Otomatis

Python memiliki manajemen memori otomatis, mirip dengan Java, yang membantu mencegah banyak kesalahan umum yang terkait dengan alokasi dan dealokasi memori.

Dukungan Sumber Library yang Gratis

Python tuh tidak pelit ngasih ilmu…

Python memiliki banyak sumber perpustakaan (library) yang sangat kaya dan beragam (Open Source), yang memungkinkan kamu sebagai developer bisa mempercepat mengembangkan website atau aplikasi dengan menggunakan modul dan kode yang sudah ada di resource nya.

Selain itu Python juga Gratis kok..

Python thu software terbuka yang gratis untuk digunakan siapapun. Berarti pengguna seperti kamu dapat memodifikasi dan mengembangkan Python sesuai kebutuhan kamu. Menarik kan..

Pembahasan ini nanti kita bahas di lain waktu ya..

Manfaat Python Buat Developer

Dengan kapabilitas dan kemudahan penggunaan Python, banyak hal yang dapat dibuat dengan dasar pemrograman Python. Berikut beberapa manfaat bahasa pemrograman Python yang dapat diterapkan di berbagai aspek.

Bisa Jadi Pengembangan Website

Python bisa digunakan untuk mengembangkan website agar lebih intuitif dan menarik. Membangun website dengan Python berarti Anda bisa menghasilkan kode yang dapat beroperasi di server.

Jasa Pembuatan Website Murah dan Cepat
Jasa Pembuatan Website Murah dan Cepat

Kamu Bisa Jadi Data Science

Python dianggap sebagai salah satu bahasa pemrograman terbaik untuk menyederhanakan analisis data dengan algoritma. Python juga menyediakan berbagai macam library dengan beragam fungsi untuk menyelesaikan masalah yang sering dialami para data scientist.

Buat Machine Learning Juga Bisa

Python merupakan pilihan yang tepat untuk digunakan dalam membuat berbagai model Machine Learning. Machine learning kini sudah banyak diterapkan di berbagai aspek, seperti memberikan rekomendasi produk di e-commerce, memberikan rekomendasi tontonan di YouTube, menunjukkan konten yang mungkin kita sukai di Instagram, dan sebagainya.

Buat Game dan Mengembangkan Gamenya

Banyak game yang memanfaatkan Python dalam pengembangannya. Para game developer biasanya memanfaatkan Python untuk membuat alat perencanaan game, yang banyak membantu proses development seperti mendesain layout dan membuat dialog trees.

Dalam Python terdapat GUI (Graphical User Interface) yang memungkinkan kita dapat berinteraksi dengan komputer menggunakan elemen visual seperti ikon dan gambar, bukan perintah berbasis teks. Selain pada game, penggunaan GUI biasanya diterapkan di mesin A TM dan tampilan pada mesin kasir.

Baca Juga:   8 Platform CMS Terbaik untuk Membuat Website

Aturan Penulisan Sintaks pada Python

Setelah tahu manfaat dan keunggulan pada Python, sekarang kita masuk pada bagian intinya dalam Python, aturan penulisan sintaks termasuk:

Penulisan Statement

Statement merupakan pernyataan atau instruksi yang akan dieksekusi oleh mesin. Interpreter Python akan menterjemahkan setiap statement menjadi perintah mesin. Dalam Python, antara satu statement dan statement lainnya tidak diakhiri dengan titik koma. Cara membedakan satu statement dari yang lain adalah melalui karakter ganti baris, yaitu dengan menggunakan simbol `()`. Setiap kali terjadi pergantian baris, interpreter akan menganggap bahwa sebuah statement telah selesai. Contoh penulisan statement pada Python adalah sebagai berikut:

print(“Hello world”)

print(“Selamat datang Budi”)

Penulisan String

String adalah teks atau kumpulan karakter. Dalam pemrograman, string biasanya ditulis di antara tanda petik tunggal (``) atau tanda petik ganda (``).

Di Python, string dapat berisi satu karakter atau lebih, dan mereka diapit oleh tanda petik tunggal atau tanda petik ganda.

Berbeda dengan bahasa pemrograman seperti C++ atau C, di Python, tanda petik ganda dan tanda petik tunggal dapat digunakan secara fleksibel untuk mengapit string. Contoh penulisan string dalam Python adalah sebagai berikut:

name = ‘Budi’

message = “Pemrograman Python untuk Pemula”

Dengan demikian, kamu bisa memakai string baik dalam tanda petik tunggal (``), maupun tanda petik ganda (``) untuk mendefinisikan string dalam Python.

Penulisan Case

Dalam Python, penulisan sintaks bersifat case sensitive. Artinya, kalo kamu mengetik huruf besar atau huruf kecil ngaruh banged terhadap hasil yang diperoleh.

Sebagai contoh, variabel “judul” akan berbeda dengan “Judul” karena perbedaan dalam penggunaan huruf besar dan kecil.

judul = “Mengenal Bahasa Pemrograman Python dan Fungsinya”

Judul = “Belajar Pemrograman Python untuk Pemula”

Bisa temukan perbedaannya kan? Dari contoh di atas, variabel  “judul” dan “Judul” dianggap sebagai dua variabel yang berbeda karena perbedaan huruf kapital.

Ini Ilmu mahal, kamu harus teliti dan sabar sama Python, karena Python itu memperhatikan penulisan huruf besar dan kecil. Salah sedikit saja sensi tuh Python..

Penulisan Blok

Blok dalam Python adalah gabungan dari beberapa statement yang dikelompokkan ke dalam satu unit program.

Python sangat memperhatikan penempatan baris kode. Oleh karena itu, penulisan blok dalam Python menggunakan indentasi atau spasi pada awal baris kode.

Kamu perlu menambahkan indentasi (tab atau spasi, biasanya 2x atau 4x spasi) ketika kamu menulis blok program dalam Python. Nah kalo kamu tidak menggunakan indentasi, program akan menghasilkan kesalahan (Error).

Baca Juga:   Jangan Bingung! Ini Dia 5+ Rekomendasi Website Untuk Mencari Inspirasi Desain Web Kamu

Ini mirip dengan konsep kurangnya tanda titik koma pada bahasa C atau Java. Contoh penulisan blok dalam Python adalah sebagai berikut:

# blok percabangan if

if username == ‘Budi’:

print(“Selamat datang Budi”)

print(“Budi Pergi Ke Sekolah”)

# blok percabangan for

for i in range(10):

print(i)

 

Dari contoh di atas, indentasi digunakan untuk mengelompokkan statement dalam blok if dan for. Penulisan yang benar dalam hal indentasi adalah kunci dalam Python untuk memastikan program berjalan dengan benar.

Contoh Aplikasi yang Menggunakan Python

Python adalah bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh berbagai perusahaan terkemuka untuk meningkatkan kualitas diberbagai layanan dan platform. Berikut beberapa contoh Aplikasi yang menggunakan Python:

Instagram

Instagram, platform media sosial yang sangat populer saat ini, aplikasi ini menggunakan Python dengan bantuan framework Django (Nanti kita bahas Framework ini).

Spotify

Spotify, penyedia layanan streaming Musik dan Radio (Podcast) dengan hampir 75 juta pelanggan, Spotify sendiri menggunakan Python untuk analisis data dan menjadi backend. Python digunakan dalam pengembangannya untuk analisis data seperti rekomendasi musik.

Dropbox

Dropbox adalah layanan penyimpanan dan berbagi file. Python digunakan dalam pengembangan software dan menggunakan framework Django digunakan dalam websitenya.

Pinterest

Pinterest adalah media sosial yang menggabungkan konsep virtual pinboard. Artinya hasil database seperti gambar disimpan diPython. Pinterest juga menggunakan Python dan Django sebagai dasar aplikasi mereka.

Itulah beberapa media sosial dan website yang menggunakan Python. Python itu sudah jadi bahasa pemrograman yang powerful dan serbaguna, bisa dipakai dalam berbagai industri dan aplikasi, dari media sosial hingga layanan streaming musik dan penyimpanan berkas online.

Jasa Pembuatan Website Profesional
Jasa Pembuatan Website Profesional

Kesimpulan

Python adalah bahasa pemrograman yang serbaguna dan kuat yang telah digunakan oleh banyak perusahaan terkemuka untuk membuat berbagai layanan dan platform. Kelebihan Python, seperti sintaks yang mudah dipahami, penggunaan yang fleksibel, dan banyaknya source dari komunitas pecinta Python, sehingga membuatnya menjadi pilihan yang populer dalam pengembangan software.

Contoh-contoh penggunaan Python meliputi platform media sosial seperti Instagram, layanan streaming musik seperti Spotify, layanan penyimpanan file seperti Dropbox, dan sosial media seperti Pinterest.

Sampai saat ini Python terus berkembang dan menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling diminati dalam dunia teknologi.

Saat ini Mulailah perjalanan kamu dalam dunia pemrograman dengan mengenal Bahasa Pemrograman Python, pilihan yang sempurna untuk pemula! Pelajari dasar-dasarnya, mulai dari sintaks yang sederhana hingga pengembangan aplikasi. Hubungi Python Developer kami yang akan memberikan pencerahan buat kamu  dalam memahami Python lebih lanjut.

Artikel Terbaru